Dan dari hasil survei dan pendapat para trader, bahwa: “pergerakan harga di pasar uang tersebut terbentuk dari kekeliruan dari para trader dalam menterjemahkan arah pergerakan harga” dikutip dari : http://edukasi.kompasiana.com || sudah saatnya "dancing with the market" http://forekita.blogpsot.com|| The One Stop Service for MQL 4, by :http://mqlcoder.weebly.com||ikut iklanin blog kamu? klik daftar

Gap


Sebuah gap dalam grafik adalah sebuah ruang kosong antara sebuah periode trading dengan periode trading sebelumnya. Gap biasanya muncul karena adanya sebuah peristiwa dan materi penting secara fundamental seperti data ekonomi atau laporan keuangan.
Hal ini terjadi ketika terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara harga pembukaan sebuah periode trading dengan harga penutupan periode trading sebelumnya, atau bisa juga dengan harga tertinggi sebelumnya.



Pergerakan harga gap bisa ditemukan pada bar chart dan candlestick tetapi tidak akan ditemukan pada point-and-figure atau line chart. Alasannya karena setiap titik pada point-and-figure chart dan line chart saling terhubung.

Sering dikatakan bahwa gap yang terjadi nantinya akan selalu terisi kembali, yang artinya harga akan bergerak kembali dan menutupi setidaknya kisaran trading yang kosong. Namun, sebelum anda melakukan traksaksi untuk bisa mendapatkan peluang dari hal ini, perlu dicatat bahwa hal ini tidak selalu terjadi dan bahkan bisa membutuhkan waktu yang lama agar gap terisi kembali.

Ada 4 jenis gap yang utama: common, breakaway, runaway, dan exhaustion. Kesemuanya memiliki struktur yang sama, hanya berbeda dalam lokasi tren dan makna kelanjutannya.


Common Gap
Dari namanya, common gap ini seringkali terjadi dalam proses pergerakan harga. Karena alasan ini, tidak sepenting jenis gap lainnya tetapi masih layak untuk diperhatikan.



Tipe gap ini setingkali terjadi ketika harga bergerak dalam sebuah kisaran yang terbatas dan kadang gap yang terjadi tidak besar dan cenderung kecil. Hal ini bisa terjadi karena ada aktivitas perdagangan yang normal, seperti volume trading yang rendah.Gap seperti ini seringkali terisi kembali dengan cepat, bergerak kembali ke harga sebelum terjadinya gap.



Breakaway gap yang kuat keluar dari fase konsolidasi diangap lebih kuat dari penembusan batas konsolidasi non gap. Gap ini memberikan indikasi adanya kenaikan sentimen yang besar ke arah dari gap tersebut, yang kemungkinan akan bertahan dalam beberapa periode waktu sehingga memicu adanya pergerakan lanjutan.

Kekuatan dari gap ini dan keakuratannya bisa dikonfirmasi dengan melihat volume yang terjadi ketika gap terbentuk. Volume yang lebih besar mengindikasikan bahwa harga akan bergerak searah gap yang terjadi, juga mengurangi kemungkinan gap tersebut akan tertutup kembali dalam waktu dekat.

Walaupun secara umum breakaway gap tidak akan tertutupi kembali dalam waktu yang relatif cepat, namun sesekali hal tersebut terjadi. Gap ini seringkali menjadi support atau resistance dari pergerakan harganya. Untuk breakaway gap naik, harga terendah dari candlestick kedua menjadi support. Untuk breakaway gap turun menjadi resitance di harga tertinggi candlestick kedua.

Breakaway gap adalah indikasi yang baik bahwa tren baru telah dimulai.


Runaway Gap (Measuring Gap)
Runaway gap terjadi dipertengahan sebuah tren, biasanya setelah harga telah mengalami pergerakan yang kuat. Ini adalah indikasi yang baik bahwa tren yang sedang berlangsung akan terus berlanjut seiring sinyal sentimen yang semakin membaik.

Meningkatnya minat beli dan jual yang menciptakan terjadinya gap ini dan kelanjutan dari tren.



Volume dalam runaway gap tidak sepenting pada breakaway gap tetapi secara umum bisa dibandingkan dengan volume rata-rata. Jika volume terlalu ekstrim, ini bisa memberikan sinyal bahwa runaway gap ini sesungguhnya adalah exhaustion gap, yang merupakan sinyal dari akhir sebuah tren.

Runaway gap membentuk support dan resistance sama persis seperti breakaway gap. Kesamaan lainnya adalah gap ini tidak dengan cepat tertutup kembali, karena jika tertutup dengan cepat bisa memberikan indikasi bahwa tren yang terbentuk mulai melemah.


Exhaustion Gap
Jenis gap ini terbentuk diakhir sebuah tren dan merupakan sinyal negatif bahwa tren akan mulai berganti arah. Hal ini biasanya terjadi pada fase akhir sebuah tren.



Untuk mengidentifikasi sebuah exhaustion gap atau pergerakan besar terakhir dalam tren, gap ini harus ditandai dengan volume yang sangat besar. Kekuatan dari sinyal ini juga meningkat ketika hal ini terjadi setelah harga sebelumnya membuah pergerakan yang signifikan.

Karena exhaustion gap mengindikasikan pembalikan arah tren, gap ini harus tertutup kembali dengan cepat. Setelah exhaustion gap, harga seringkali bergerak sideway terlebih dahulu sebelum akhirnya bergerak berlawanan arah dibanding tren yang tercipta sebelumnya. Ketika harga sudah berhasil menutup gap kembali, pola ini dianggap telah sempurna dan memberikan sinyal bahwa tren akan berbalik.


Island Reversal
Salah satu pola gap yang paling banyak dikenal adalah island reversal, yang terbentuk oleh sebuah gap lalu terjadi sebuah pergerakan yang cenderung flat dan kemudian dikonfirmasi oleh gap lainnya yang bergerak berlawanan arah. Pola ini adalah indikasi kuat akan adanya top atau bottom dalam sebuah tren, mengindikasikan akan adanya pergantian tren.


 Gambar diatas adalah sebuah contoh dari island-top reversal yang terjadi diakhir tren naik. Terbentuk ketika muncul exhaustion gap dalam tren naik lalu diikuti oleh beberapa periode pergerakan harga yang flat. Pola ini terkonfirmasi ketika sebuah breakaway gap turun terjadi.

Ukuran dari peralihan tren atau kualitas sinyal tergantung dari posisi island reversal dibanding tren sebelumnya. Jika terjadi didekat awal sebuah tren, maka ukuran dari reversal kemungkinan akan kurang signifikan.


sumber : http://www.mahadanalearning.com 





































































 

1 komentar:

FluentFringe7 on 8 Maret 2020 pukul 05.24 mengatakan...

Trader sebaiknya memiliki rencana atau sistem trading, sehingga tahu kapan masuk dan keluar pasar. Akibatnya trader tersebut tidak bingung, dan tidak mudah diombang-ambingkan pasar. Ia memiliki keyakinan pada diri sendiri. Sistem trading yang dimiliki harus komplet, mulai dari teknik analisis, manajemen uang dan risiko bersama Tickmill

Posting Komentar

Iklan Kotak

 

Belajar Forex. Copyright 2012 by Organisasi Bantuan Kemasyarakatan Converted Bank Negara Indonesia