Dan dari hasil survei dan pendapat para trader, bahwa: “pergerakan harga di pasar uang tersebut terbentuk dari kekeliruan dari para trader dalam menterjemahkan arah pergerakan harga” dikutip dari : http://edukasi.kompasiana.com || sudah saatnya "dancing with the market" http://forekita.blogpsot.com|| The One Stop Service for MQL 4, by :http://mqlcoder.weebly.com||ikut iklanin blog kamu? klik daftar

fundamental analysis




Perekonomian adalah dunia yang sangat rumit dimana semua faktor saling berhubungan satu sama lain, selalu berubah dan semua itu berjalan dengan real time. Di dalam setiap kegiatan ekonomi baik itu mikroekonomi seperti menjadi pengusaha, sebagai regulator ekonomi seperti Bank Sentral maupun sebagai pelaku ekonomi makro yaitu investor multinasional sangat perlu ditekankan pemahaman di dalam fundamental (macroeconomy) analysis dimana kita paham, mengerti dan mampu mengartikan ulang setiap kejadian-kejadian yang telah dan sedang terjadi di dalam ekonomi. Dan dengan pemahaman tersebut kita juga mampu membuat prediksi tentang apa yang akan terjadi berdasarkan kondisi-kondisi fundamental dalam ekonomi tersebut.

Komponen-komponen yang perlu dipahami dalam fundamental ekonomi yaitu :
1.  GDP (Gross Domestic Product) = Total Pendapatan Negara
2.  Inflasi = Tingkat Kenaikan Harga Barang/Jasa per tahun
3.  Economy Growth (Pertumbuhan Ekonomi) = yaitu tingkat pertambahan GDP
4.  Tingkat pengangguran = yaitu jumlah potensi kerja yang tidak bekerja
5.  Sejarah seperti Emas yg dihargai dalam USD, Minyak yg dihargai dgn USD dan berkorelasi dengan emas, USD sebagai mata uang safe haven (internasional), Yen sebagai mata uang safe haven relatif untuk kondisi ekonomi Jepang.
6.  Kondisi ekonomi suatu negara seperti AUD, CAD, NZ yang merupakan eksportir komoditas sehingga gerak grafiknya mirip dengan perubahan harga komoditas.
7.  Ratio hutang terhadap GDP
8.  Surplus/defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara
9.  Balance of payment (Neraca Pembayaran)
10.Balance of trade (Neraca perdagangan)
11. Ratio antara penduduk produktif dengan penduduk tidak produktif
12. dll

Bagaimana agar kita mengerti setiap aspek yang sangat penting dalam ekonomi ini tentunya sangat mempengaruhi setiap tindakan yang kita lakukan dalam ruang gerak ekonomi. Pemahaman yang mendalam atas semua aspek ini tentunya akan membuat analisis dan prediksi kita semakin akurat dan semakin dekat dengan kebenaran di dalam ruang gerak ekonomi tersebut.

1 komentar:

FluentFringe7 on 8 Maret 2020 pukul 04.22 mengatakan...

Trader sebaiknya memiliki rencana atau sistem trading, sehingga tahu kapan masuk dan keluar pasar. Akibatnya trader tersebut tidak bingung, dan tidak mudah diombang-ambingkan pasar. Ia memiliki keyakinan pada diri sendiri. Sistem trading yang dimiliki harus komplet, mulai dari teknik analisis, manajemen uang dan risiko bersama Tickmill.

Posting Komentar

Iklan Kotak

 

Belajar Forex. Copyright 2012 by Organisasi Bantuan Kemasyarakatan Converted Bank Negara Indonesia